Notice: Undefined index: act in /var/www/html/sipil/media.php on line 18
Teknik Sipil Untag Surabaya

Perayaan Hari Raya Nyepi - Tahun Baru Saka 1946

Rabu, 13 Maret 2024 - 08:27:58 WIB
Dibaca: 44 kali




Perayaan Hari Raya Nyepi - Tahun Baru Saka 1946

Hari Raya Nyepi adalah hari raya yang dirayakan secara khusus oleh masyarakat Hindu di pulau Bali, Indonesia. Hari Raya Nyepi merupakan perayaan Tahun Baru Saka, yang merupakan kalender Hindu berdasarkan perhitungan waktu yang berbeda dengan kalender Gregorian yang umum digunakan di dunia.

Tahun Baru Saka 1946 jatuh pada tanggal 25 Maret 2024. Perayaan Hari Raya Nyepi sendiri merupakan hari libur nasional di Indonesia dan ditandai dengan adanya larangan aktivitas dan hiruk-pikuk di pulau Bali. Selama 24 jam, masyarakat Bali diminta untuk menjalani Nyepi dengan berpuasa, bermeditasi, dan menghindari kegiatan yang mengganggu ketenangan seperti tidak ada penerangan, tidak boleh keluar rumah, dan tidak boleh menghidupkan api.

Pada Hari Raya Nyepi, pulau Bali sepenuhnya sepi dan sunyi. Transportasi dan kegiatan umum dihentikan, termasuk penerbangan dan lalu lintas jalan. Orang-orang diharapkan untuk menjaga ketenangan dan kesucian, serta merenung dalam diri sendiri. Hal ini diyakini dapat membersihkan diri dari dosa-dosa dalam tahun yang lalu dan memulai tahun baru dengan kesucian dan kebaikan.

Untuk itu Program Studi Teknik Sipil mengucapkan : "Semoga damai dan kesucian menyertai kita dalam perayaan Hari Nyepi. Selamat Hari Raya Nyepi! Semoga kita dapat merenung dalam ketenangan, memperbaiki diri, dan mendapatkan kedamaian dalam jiwa. Selamat berpuasa, bermeditasi, dan menjaga keheningan. Selamat merayakan Hari Nyepi dengan sukacita dan penuh kebahagiaan bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Semoga tahun yang baru ini membawa berkah dan kebahagiaan bagi kita semua. Selamat Hari Raya Nyepi!"


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya