Notice: Undefined index: act in /var/www/html/sipil/media.php on line 18
Teknik Sipil Untag Surabaya

Mahasiswa Teknik Sipil Untag Surabaya Lolos 30 Besar Perlombaan Pertamuda 2023

Kamis, 14 Desember 2023 - 10:43:12 WIB
Dibaca: 182 kali




Mahasiswa Teknik Sipil Untag Surabaya Lolos 30 Besar Perlombaan Pertamuda 2023

Pertamuda merupakan program kompetisi yang sangat bermanfaat menumbuhkan inovasi mahasiswa dalam berwirausaha. Pogram ini diawali dengan pengadaan Kick Off dan Seminar pada tanggal 30 Agustus 2023 dan dilanjutkan dengan berbagai Workshop yang dapat di ikuti oleh mahasiswa dan umum. Dari berbagai macam ide bisnis yang di ajukan Para peserta, dilakukan kurasi ide bisnis untuk menentukan peserta yang berhak maju ke babak Demoday dan Final Pitch Pertamuda 2023. Acara pun digelar selama tiga hari di Bali pada tanggal 27-29 November 2023.

Corporate Secretary Pertamina, Brahmantya S. Poerwadi mengatakan dari total 2,719 peserta yang mendaftar dari 238 perguruan tinggi negeri dan swasta di 32 provinsi di Indonesia, terpilih sebanyak 30 tim peserta dari 21 kampus yang dinilai layak mengikuti Demoday Pertamuda 2023.

Pada tahun ini Perlombaan Pertamuda Seed & Scale 2023 memiliki 2 program utama yaitu, Early Stage Startup - kategori kompetisi untuk bisnis rintisan. Dapat berupa bisnis yang masih berada pada tahap ideasi, atau bisnis pada tahap awal yang masih bergantung pada seed funding (pendanaan awal) – dan Energy Founder - Kategori kompetisi melalui sesi pitching yang diperuntukan khusus untuk Founder dengan ide bisnis bidang energi. Perlombaan Pertamuda menarik minat anak-anak dan remaja dari berbagai latar belakang. Peserta dari berbagai Universitas di Indonesia datang dengan semangat tinggi dan siap untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka.

Setelah adanya prosesi kurasi tersebut, salah satu peserta yang lolos untuk mengikuti Demoday & Final Pitch Pertamuda Seed and Scale 2023 adalah mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya – Hilda Puspitaningrum – dengan ide bisnisnya yaitu Coconut Earth Capital. Ide bisnis yang disampaikan oleh Hilda Puspitaningrum ini menawarkan produk arang briket yang ramah lingkungan.

 “ide dari bisnis yang kami tawarkan mengambil inspirasi dari alam, mengubah tempurung kelapa menjadi arang briket berkualitas tinggi sebagai energi terbarukan yang menawarkan keunggulan seperti daya tahan api yang luar biasa, emisi asap minimal, dan ramah lingkungan.” Katanya dalam presentasi pengenalan Coconut Earth Capital.

Pada akhir acara, para pemenang diumumkan dan diberikan penghargaan. Namun, semua peserta dianggap sebagai pemenang karena mereka telah memiliki keberanian dan dedikasi untuk berpartisipasi dan menunjukkan kemampuan mereka. "Dari pengalaman ini, satu pesan yang sangat nyata: kita memiliki kekuatan luar biasa ketika bekerja bersama. Pertamuda memberikan panggung megah bagi mahasiswa untuk meracik dan mengasah ide bisnis mereka dengan dukungan luar biasa dari Pertamina. Ini bukan hanya acara biasa, tapi adalah panggung bagi kita untuk menciptakan solusi yang tidak hanya inovatif tetapi juga memiliki dampak positif yang besar.," kata Hilda Puspitaningrum.


Untag Surabaya || SIM Akademik Untag Surabaya || Elearning Untag Surabaya